Panduan Beasiswa Turki

  1. Turkiye Burslari menyediakan beasiswa bagi para siswa dari berbagai penjuru dunia untuk kuliah di Turki, salah satunya adalah untuk orang Indonesia. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı (YTB)/ Republic of Türkiye Prime Ministry Presidency Turks Abroad and Related Communities atau mungkin bisa dianggap sebagai Kementerian Luar Negeri versi Turki.Gak perlu bayar biaya pendaftaran, gak perlu ribet kirim berkas kesana kesini dan gak ada tes tulis! Cukup duduk didepan komputer yang dilengkapi akses internet, klik-klik, upload data-data yang diperlukan dan.. Kamu sudah resmi terdaftar dan siap bersaing dengan yang lainnya. website resmi Turkiye Burslari yaituwww.turkiyeburslari.org, atau www.trscholarships.orgwww.turkiyeburslari.gov.tr.
  2. Apa saja Persyaratannya?

    1) Warga Negara Indonesia (sebagai salah satu negara target dalam beasiswa ini) 2) Berumur tidak kurang dari 21 tahun per tanggal 1 Januari (utk S1) atau tidak lebih dari 30 (utk s2) (persyaratan ini bisa berubah, utk lebih lengkapnya, buka link diatas)

    4) Tidak sedang atau tidak pernah menerima beasiswa dari Pemerintah Turki sebelumnya.

    5) Pelajar yang sedang berkuliah di Turki tidak diperkenankan untuk mendaftar beasiswa untuk jenjang yang sama. Misal, Mahasiswa S1 mendaftar program untuk S1

    6) Memiliki nilai rapor dan ijazah (atau kualifikasi pendidikan lainnya) minimal 70% untuk yang ingin mempelajari hampir semua bidang studi; kecuali Medical School (Kedokteran) yang harus mempunyai nilai minimal 90%.
    7) Usia ijazah tidak lebih dari 2 tahun setelah dikeluarkan
    Apa saja yang harus disiapkan sebelum mendaftar?

    1) Rapot

    2) 2 Ijazah terahir (utk pelamar S2 atau S3. Misal, S2: Ijazah SMA dan Ijazah S1)

    3) Softcopy Foto

    4) Kartu Identitas yang Valid (bisa Paspor, KTP, Akte Kelahiran, dll)

    5) Personal Essay/ Letter of Intent (maks. 2000 kata) tentang alasan belajar ke Turki, mengapa memilih bidang studi tsb, rencana karir setelah lulus.

    6) Language Proficiency Document (iBT TOEFL, IELTS, TOMER) – Ini tidak terlalu penting. Bagi yang menginginkan kuliah dengan pengantar bahasa Inggris, harus menyertakan sertifikat TOEFL

    7) 2 Reference Letter

    8) Work/ Apprenticeship Letter -> Opsional

    9) Sertifikat Kejuaraan (Jika melampirkan kemenangan tertentu pada formulir)

    NOTE: Semua persyaratan ini adalah berasal dari pengalaman saya tahun lalu. Persyaratan bias berubah. Utk lebih jelasnya, liat link diatas. Semua dokumen yang belum menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Turki, wajib diterjemahkan ke salah satu bahasa tersebut.

    ** Jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan tentang universitas beserta jurusan yang akan diambil, bagaimana kualitasnya, apa saja syarat pendaftarannya (apakah kualifikasi yang kita miliki bisa memenuhi persyaratan untuk masuk univ) dan apa bahasa pengantarnya.

    Setelah siap semua, sekarang saatnya mendaftar!

    Bagaimana caranya?

    1) Masuk ke salah satu dari website resmi Turkiye burslari, yaitu:www.turkiyeburslari.orgwww.trscholarships.org, http://www.turkiyeburs lari.gov.tr.

    2) Sign-up, masukkan e-mail dan password. Selanjutnya sistem akan mengirim link konfirmasi ke alamat email kita.

    3) Buka e-mail, klik link tersebut untuk aktivasi akun.

    4) Masuk lagi ke website Turkiye Burslari, lalu log-in.

    5) Isi formulirnya

    6) Isikan Essay yang sudah dibuat sebelumnya

    7) Masukkan pilihan universitas dan jurusan yang dikehendaki, dengan ketentuan sbb:

    Jumlah maksimal pilihan untuk universitas yang terletak di 3 kota besar (Istanbul, Ankara, Izmir) adalah 6 dari total pilihan 12. 12 kolom pilihan harus terisi semua, atau aplikasi akan dianggap gugur Bebas memilih universitas, baik Negeri maupun Swasta.

    8) Upload semua dokumen yang diminta

    9) Double-check informasi yang telah diberikan

    10) Klik submit!

    Silahkan menunggu 1-1,5 bulan dari tanggal penutupan pendaftaran. Siapa saja yang lolos tahap screening document akan mendapat email pemberitahuan untuk mengikuti seleksi terakhir yaitu: Tes Wawancara dan Verifikasi Dokumen di Kedutaan Turki. Tapi jangan khawatir, wawancaranya ngga susah kok. Pertanyaannya ngga akan jauh-jauh dari apa yang telah kamu tulis di formulir Setelah melewati tahap ini, kamu mungkin akan menunggu sekitar 1-1,5 bulan dari tanggal wawancara untuk mengetahui hasilnya, apakah aplikasimu diterima atau ditolak. Pihak YTB pusat akan mengirimkan e-mail penempatan jurusan dan universitas kepada seluruh pendaftar yang lolos. Dan bersiaplah untuk memulai perjalanan di tempat yang baru! Frequently Asked Questions (F.A.Q)

    1. Q: Beasiswanya mencakup apa saja?

    A: Biaya Visa, 1 Tiket Pesawat dari Jakarta ke Turki saat keberangkatan dan 1 Tiket pesawat dari Turki ke Jakarta jika telah menyelesaikan studi, Akomodasi, uang saku 500 TL per bulan (550 TL/ sekitar Rp 3. 000. 000 utk S1, 800 TL/ Rp 5.000.000 utk S2 1100 TL/ Rp. 6.500.000 TL utk S3. Kisaran ini bisa berubah sesuai fluktuasi nilai tukar mata uang) Makan, minum dan tempat tinggal gratis, tuang SPP (dibayarkan langsung ke Universitas) dan les bahasa Turki (bagi yang akan kuliah dengan bahasa Turki sebagai bahasa pengantar)

    2. Q: Kapan pendaftarannya?

    A: Biasanya sekitar Akhir April sampai Awal Juni. 3. Q: Apakah beasiswa ini bersifat mengikat?

    A: Tidak. Namun mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya, diharapkan untuk kembali ke negaranya masing-masing.

    4. Q: Apakah ada syarat IPK yang harus dipenuhi selama kuliah?

    A: Ya. Di setiap akhir tahun ajaran, IPK harus mencapai sekurang-kurangnya 60%. Jika mendapat nilai dibawah itu, akan ada sanksi sesuai dengan kontrak beasiswa yang telah ditanda tangani.

    5. Q: Nanti disana tinggal dimana?

    A: Disediakan asrama milik pemerintah yang bisa ditinggali secara gratis oleh para penerima beasiswa. Namun, penerima beasiswa bisa juga memilih untuk tinggal di Apartemen atau Rumah Sewa dengan biaya sendiri.

    6. Q: Kira-kira uang sakunya cukup ngga untuk hidup sebulan?

    A: Uang saku yang diberikan tentunya sudah diperhitungkan oleh pihak YTB sebagai pemberi beasiswa, berdasarkan gaya hidup standar. Berdasarkan pengalaman saya sudah sangat mencukupi bahkan melebihi dan saya masih bisa menabung dari uang saku yang saya terima, bahkan setiap bulan bisa mengirimi orang tua… Hehe..

    7. Q: Saya tidak bisa bahasa Turki sama sekali. Lalu bagaimana jika saya ingin mengikuti perkuliahan dalam bahasa Turki? Apakah itu akan mempengaruhi proses seleksi beasiswa?

    A: Disediakan kelas persiapan bahasa Turki bagi para penerima beasiswa yang akan mengikuti perkuliahan dalam bahasa Turki. Bagi yang sudah mahir bahasa Turki dan sudah mengantongi sertifikat C-1 (Upper Level) bisa menyerahkan copy sertifikatnya saat pendaftaran, dan bisa skip kelas persiapan bahasa ini kelak ketika sudah tiba di Turki.

    8. Q: Saya sekarang belum memiliki sertifikat iBT TOEFL/ IELTS namun saya ingin mengikuti perkuliahan dalam bahasa Inggris. Apa yang harus saya lakukan?

    A: Memiliki salah satu sertifikat kemampuan bahasa Inggris bukanlah merupakan suatu keharusan saat mendaftar. Tapi alangkah lebih baik jika sudah memiliki, karena sertifikat ini juga bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa yang lainnya. Selain itu, menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang telah memenuhi persyaratan kampus tujuanmu bisa memperkuat posisimu dihadapan tim penyeleksi beasiswa, juga mempermudahmu ketika nanti mengurus proses daftar ulang ke universitas. Karena jika tidak memiliki sertifikat IELTS/ iBT TOEFL, maka harus mengikuti English Placement Test yang jadwalnya mungkin saja sudah lewat ketika kamu tiba disana. Atau, kamu bisa memilih untuk mengikuti kelas persiapan bahasa Inggris selama setahun.

    9. Q: Berapa orang biasanya yang diterima?

    A: Total penerima beasiswa S1+S3+S3 tahun 2013 dari Indonesia sekitar 40 orang, 10 diantaranya adalah S1, 20 S2 dan 10 S3

    10. Q: Saya akan mengikuti UN tahun ini atau wisuda tahun ini Ijazah saya kemungkinan besar belum jadi saat pendaftaran beasiswa ini berakhir. Bagaimana solusinya?

    A: Jangan khawatir, kamu tetap bisa mendaftar. Tetap persiapkan segala berkas yang diperlukan namun mendaftarlah disaat pengumuman kelulusan sudah ada. Khusus untuk SKHUN dan Ijazah yang belum jadi, bisa digantikan dengan Surat Keterangan Lulus dan Daftar Nilai hasil Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.

    NOTE: Persyaratan sewaktu2 bisa berubah, dimohon selalu update link diatas. Bila ada pertanyaan bisa ditanyakan melalui akun Twitter saya @Nabilahhayatina saya…

About these ads

15 thoughts on “Panduan Beasiswa Turki

  1. Terimakasih atas info dan pengalaman yang sudah kaka share:) oiyah aku mau tanya, Semua dokumen saat pendaftaran itu harus diterjemahkan dalam bahasa inggris ya ka?

    Like

  2. Assalamusaikum :) saya mau tanya kak, apa kalau ingin mendaftar untuk s1 lewat beasiswa ini saya harus sudah diterima oleh universitas yang saya tuju atau mendaftar universitasnya nanti setelah mendapat beasiswa dan ikut kursus bahasa turki? Terima kasih kak sebelumnya :)

    Like

    1. waalaikumussalam. tidak mesti kok. justru dengan beasiswa ini membantu mendaftar. Utk kursus bahasa turki, smeua wajib dan itu syarat utk kuliah. semua sudah di persiapkan. kita tinggal belajar dan urus administrasi saja. sukses yaaa

      Like

  3. Halo salam kenal kak, saya berencana apply tahun depan scholarship ini, 2 reference letternya apakah ada formatnya atau dbebaskan? Sudah me-research websitenya, dan ada kelengkapan applikasi sbg berikut:
    1. Diploma Grade
    2. General Average Grades Received Until The Last Term (*)
    3. University Entrance Exam Grade (if any)
    4. High School Graduation Exam / Baccalaureate Grade (if any)
    5. International Test Score (if any)
    6. Other Academic Assessment Score

    Poin no.3 itu University Entrance Exam Grade itu mksdnya apakah kak? walaupun (if any) i just wanna know..

    Lalu saya baca lagi bahwa student scholar utk 2014 sdh keluar, jadi ini untuk S2 buka lagi tahun Maret 2015 ya..Apakah saya bisa dikirimkan bentuk formulir2 yg harus dilengkapi ke devimarietta@yahoo.com untuk mempelajari sebelum mendaftar dan membuat dikarenankan di websitenya belum disediakan kembali bentuk formulirnya (atau jgn2 saya seliwer hrsnya ada :p)

    Terima kasih kak bantuannyaa..:) God bless you

    Like

    1. terimakasih sudah membaca. poin no 3 itu adalah bagi yang sudah pernah ujian masuk ke univ. Karena ada bbrp yang nilai un belum keluar(utk SMA) jadi menggunakan tanda nilai kampus. Yap. Harus mengunggu lagi tahun deoan Maret-Mei. Stay aja terus di websitenya. Oups.. sayangnya saya tidak punya soft format daftarnya. kalau hardnya ada. itu pun di tinggal di indo. :D semoga sukses

      Like

    1. terimakasih sudah membaca. Usahkan tingkatkan bahsa inggris. Karena wawancara akan menggunakan bahasa inggris dan belajar bahasa turki lebih mudah jika kita paham inggris. sebab ia bahasa internasional. Semoga sukses :D

      Like

    1. waalaikumslm wr. terimakasih sudh membaca. Biasanya tdk jauh dari apa yg kita tulis di essay dan ttg kampus yg kita tuju juga jurusannya. Tentang alasan knp memilih turki juga pa yg akan dilakukan jika sudah lulus. kurang lebih seperti itu. semoga sukses :D

      Like

    1. terimakasih sudah membaca. total seluruh dunia yang ikut program beasiswa ini dari 146 negara ada sekitar 84.000 yang mendaftar, lalu yang lolos ke tahap interviewa ada 10.000 orang. yang lulus beasiswa ada 4.000. itu seluruh dunia. Dan itu berbeda2 setiap tahun jumlahnya. semoga sukses

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s