409043_341173025978594_548900009_n

Banyak Boneka Untuk Kami

Tosnya de. Acisna kanggo jajan.”nasehat penjaga mainan.

(sudah yaa mainnya, uangnya untuk jajan)

Dua bocah sebaya, mondar-mandir tempat permainan capit boneka. Saat itu malam kedua terakhir dari Ramadhan. Saya yang saat itu sedang menggendong keponakan usia dua tahun, ingin sekali memberi bebas uang pada mereka.  Ternyata mereka sudah berulang kali mencoba permainan ini. Koin-nya dari hasil jualan mereka. Saya lirik mereka. Sebab saat itu saya tidak menggunakan kaca-mata , saya hanya mengira-ngira ‘apa yang mereka jual?’. Berwarna putih, persegi. Dua bocah menjajakan cireng mentah. Saya pun hanya terdiam..

Mungkin harga-harga boneka itu, tidak sebanding dengan uang koin yang menjadi jaminan. Bisa jadi boneka sisa, atau boneka baru. Bisa jadi mahal. Permainan capit boneka yang jadi sasaran hadiah istimewa, bagi para muda-mudi. Katanya, jika berhasil mengambil boneka itu, lalu diberikan kepada kekasihnya, itu akan sangat berharga. Itu katanya. Karena nyatanya memang sulit menjadi juara dalam permainan itu.

Terbawa arus sepasang kekasih berjuang mencapit satu demi satu boneka dalam box kaca tembus pandang. Selembar dua lembar. Berbelas lembar. Habis untuk memberi hadiah pada si ‘doi’. Barulah ratusan lembar boneka ditangan. Bahagia, senyum menyeringai. Boneka yang kalau di sinetron-sinetron dipeluk sampai dibawa-bawa ke mimpi.

Jika mereka? Dua bocah yang sehabis mengatur tombol, memutar alat pemutar capitan, namun gagal. Maka mereka tetap saja tertawa tersenyum. Meski  boneka tak dicapit, permen dikunyahnya. Padahal, memang sebenarnya boneka itulah yang mereka impikan. Entah untuk mereka, atau adiknya, siapa-nya. Kita tidak tahu. Mereka bahagia, karena ada permainan yang bebas mereka mainkan, meski berbayar. Namun, harga koin dengan boneka itu tentu tidak sebanding.

Ah! Aku menampar diri sendiri.

Dua bocah tertawa girang, loncat-loncat dan berlari. Seakan berkata , “Boneka, tunggu aku! Aku pasti akan memelukmu.”

 

Bandung, 28 Ramadhan 1434

Leave a Reply

