1493427_10201754378959507_1727827796_o

Panduan Beasiswa Turki (jilid 2)

Turkiye Burslari merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Turki untuk para pelajar asing yang ingin melanjutkan study-nya baik s1, s2, s3 maupun research di negara Ottoman tersebut. Beasiswa ini full (rinciannya nanti akan saya tuliskan dibawah) dan tidak bersifat mengikat. Beasiswa ini juga mencangkup hampir seluruh program study, tidak terkecuali program ilmu alam, ilmu humaniora ataupun keagamaan.

JENIS-JENIS TURKIYE BURSLARI/ TURKEY SCHOLARSHIPS

A. Bachelor Degree

Türkiye Bursları/ Turkey Scholarships untuk bachelor degree dibagi dalam dua program, yaitu:

1. Bosphorus Undergraduate Scholarship Program

Bosphorus Undergraduate Scholarship Program adalah program beasiswa Sarjana Strata 1 yang ditujukan bagi pelamar beasiswa (mahasiswa internasional) yang akan mendaftar ke Universitas di Turki dengan semua pilihan program studi  selain kedokteran, jurusan agama, dan juga jurusan sastra dan bahasa turki. Program beasiswa yang diperuntukkan bagi bachelor degree ini biasanya dibuka setiap bulan April.

2. Anatolian Undergraduate Scholarship Program

Anatolian Undergraduate Scholarship Program merupakan program beasiswa Sarjana Strata 1 yang ditujukan bagi pelamar beasiswa (mahasiswa internasional) yang akan mendaftar ke Universitas di Turki dengan pilihan program studi kedokteran, jurusan agama, dan juga jurusan sastra dan bahasa turki. Program beasiswa yang diperuntukkan bagi bachelor degree ini biasanya dibuka setiap bulan April.

B. Master dan PhD Degree

Untuk program beasiswa postgraduate juga terbagi atas dua jenis program, yaitu:

1. Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship 

Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship adalahprogram beasiswa postgraduate bagi mahasiswa internasional yang akan mendaftar ke Universitas di Turki dengan pilihan program studi di bidang science, engineering dan technology. Program beasiswa ini biasanya dibuka setiap bulan Maret.

2. İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship

İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship adalah program beasiswa yang didesain untuk mahasiswa internasional untuk melanjutkan program postgraduate di Universitas Turki dengan pilihan program studi di bidang social science. Program beasiswa ini biasanya dibuka setiap bulan Maret.

C. Program Aplikasi Jurusan Tertentu

Selain program beasiswa untuk sarjana dan postgraduate, Türkiye Bursları/ TurkeyScholarships juga memiliki program untuk aplikasi tertentu. Program ini terbagi dalam 3 jenis, yaitu:

1. İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program

İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program ini ditujukan untuk calon mahasiswa internasional yang akan melanjutkan sekolah di bidang kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, dan juga kedokteran hewan. Program beasiswa ini ditujukan untuk jenjang Associate, Undergraduate, Master dan PhD degree.

2. Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program

Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program ditujukan untuk calon mahasiswa internasional yang berminat mempelajari bahasa Turki. Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa bachelor, master dan PhD Degree.

3. Islamic Studies Scholarship Program

Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program lebih ditujukan kepada mahasiswa internasioanl yang ingin menempuh studi di bidang agama. Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa bachelor, master dan PhD Degree.

APA SAJA KEUNTUNGAN YANG DIDAPAT DENGAN MEMPEROLEH BEASISWA INI?

Keuntungan beasiswa Turkiye Burslari ini cukup banyak jika dibandingkan dengan beasiswa lainnya, sebab namanya saja beasiswa full, berikut rinciannya;

1. Uang saku perbulan sebesar 250 USD/ bulan untuk s1, 360 USD/ bulan untuk s2, 500 USD / bulan untuk s3 , 900 USD/ bulan untuk research student
2. Tinggal di asrama pemerintah/swasta secara gratis, yang di dalamnya dilengkapi fasilitas wi-fi 24 jam, kantin, tempat cukur/barber shop (untuk beberapa asrama) dan ruang belajar tersendiri, bagi yg ingin menyewa rewa rumah ato apartemen juga bisa tp tidak di cover oleh beasiswa🙂 bisa menggunakan uang saku yg ada, sewa rumah ato apartemen di Turki tergantung daerah dan fasilitas rumah ato apartemen tsb
3. Makan pagi dan malam (jika tinggal di asrama pemerintah)
4. Tiket keberangkatan dan tiket saat nanti telah menyelesaikan kuliah di Turki
5. Kursus Bahasa Turki selama setahun

PERSYARATAN TÜRKIYE BURSLARI/ TURKEY SCHOLARSHIPS

Dalam proses seleksi Türkiye Bursları Scholarships semuanya secara online. Seluruh jenis program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa internasional. Disini saya jelaskan secara singkat persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi ketika mendaftar Türkiye Bursları/ Turkey Scholarships.

1. Persyaratan Umur

a. Untuk jenjang bachelor degree maksimal 21 tahun

b. Untuk jenjang master degree maksimal 30 tahun

c. Untuk jenjang doctoral degree maksimal 35 tahun

d. Untuk pendaftar program penelitian maksimal 45 tahun

2. Persyaratan Nilai Akademik

a. Untuk pendaftar jenjang bachelor degree, nilai minimum tiap mata pelajaran di dalam ijasah pendidikan sebelumnya adalah 70 dari 100.

b. Untuk pendaftar jenjang master dan doctoral degree, nilai minimum tiap mata kulai di dalam ijasah pendidikan sebelumnya adalah 75 dari 100.

c. Khusus untuk pendaftar jurusan kedokteran, nilai minimum tiap mata kuliah di dalam ijasah pendidikan sebelumnya adalah 90 dari 100.

DOKUMEN-DOKUMEN YANG DI BUTUHKAN:

a. Ijasah ( bila ketika pendaftaran belum mengikuti UN ato belum mendapatkan hasil UN bisa melampirkan surat keterangan bahwa masih berstatus siswa, format bisa di download di link yg di sertakan dalam bacaan ini )

b. Transkrip nilai sampai semester akhir (Cumulative GPA) ( fformat bisa di download di link yg di sertakan dalam bacaan ini )

c. Ujian seleksi masuk universitas di Turki (jika ada)

d. Ujian kelulusan sekolah (jika ada)

e. International Language Test Score (jika ada)

f. Piagam Penghargaan (jika ada)

APA SAJA TAHAPAN YANG HARUS DILALUI?

Dalam seleksi Türkiye Bursları Scholarships terbagi dalam dua tahap, yaitu:

A. SELEKSI ADMINISTRASI

Dalam seleksi ini, proses pendaftaran hingga pengumuman kelulusan dan pemanggilan ke tahap berikutnya melalui online. Websitenya terpusat di: http://www.turkiyeburslari.gov.tr/. Pelamar mengisi form online di websitenya Türkiye Bursları/ Turkey Scholarships dan meng-upload scanned dokumen-dokumen administrasi sebagai kelengkapan. Jangan mengira bahwa mengisi aplikasi itu mudah.

Walaupun bahasa inggris kita melangit pun jika tidak mampu mengemas potensi kita dalam bentuk tulisan juga akan percuma. Penilaian di dalam tahap ini adalah pertama, form aplikasi online. Pelamar diminta mengisi form aplikasi secara online yang berisi data diri, data orang tua, backgroundpendidikan sebelumnya dan pilihan jurusan di Universitas di Turki, Prestasi Akademik, Prestasi Sosial, Pengalaman Kerja, Letter of Intent, Di sini tantangannya, pelamar harus dapat membrandingkan dirinya dalam bentuk tulisan.

Poin penting yang harus ditonjolkan disini adalah kontribusi sosial apa yang sudah kita lakukan dan apa yang dapat saya sumbangkan ke lingkungan sosial kita setelah selesai menempuh studi di Turki. Kedua, dokumen yang kita lampirkan ketika mendaftar secara online tersebut. Poin pentingnya disini adalah bagaimana menunjukkan bukti prestasi akademik dan sosial pelamar. FYI, karena sebagian besar universitas di Turki berbahasa pengantar Turki, Türkiye Bursları/ Turkey Scholarships tidak mewajibkan melampirkan International Language Test Score di awal pendaftaran.

B. WAWANCARA

Setelah pelamar melewati proses seleksi administrasi, jika lolos, maka YTB akan mengirimkan pengumuman kelulusan melalui email pelamar. Jeda antara deadline pendaftaran online dengan pengumuman kelulusan dan pemanggilan wawancara biasanya lebih kurang dua bulan. Wawancara dilakukan di masing-masing negara pelamar, di Kantor Kedutaan Besar Turki negara tersebut. Namun, jika pelamar yang lolos ke tahap berjumlah sedikit atau tidak adanya kantor kedutaan atau konsulat di negara tersebut, maka wawancara akan dilakukan menggunakan alat komunikasi.

Selain itu jika pelamar yang lolos wawancara sudah berada di Turki dapat melakukan wawancara di kantor YTB. Dalam proses wawancara ini adalah kunci kedua. Karena pelamar tidak diwajibkan melampirkan International Language Test Score,maka sebagai gantinya interviewer akan menilai kemampuan bahasa asing pelamar ketika seleksi wawancara. Durasi masing-masing kandidat dalam seleksi wawancara ini bervariasi, namun rata-rata antara 10 hingga 20 menit. Ada pula yang lebih dari 20 menit, tergantung antusias atau tidaknya interviewer terhadap kandidat.

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam seleksi wawancara ini tidak jauh dari seputar isian aplikasi kandidat ketika mendaftar secara online sebelumnya. Pertama kandidat diminta memperkenalkan diri. Siapa Anda? Terlihat simpel, namun sebenarnya sangat sulit. Kuncinya disini adalah mengemas diri dalam waktu yang sangat singkat. Pertanyaan-pertanyaan berikutnya lebih pada kontribusi sosial apa yang sudah Anda lakukan, prestasi yang dicapai, mengapa memilih Turki, mengapa memilih jurusan di kampus yang dipilih dan apa yang akan dikontribusikan setelah menyelesaikan studi dari Turki. InshaAllah, untuk lengkapnya akan saya bahas di postingan tersendiri untuk tips seleksi wawancara ini.

BAGAIMANA CARA MENDAFTARNYA?

1) Masuk ke salah satu dari website resmi Turkiye burslari, yaitu: https://basvuru.turkiyeburslari.gov.tr/en

2) Sign-up, masukkan e-mail dan password. Selanjutnya sistem akan mengirim link konfirmasi ke alamat email kita.

3) Buka e-mail, klik link tersebut untuk aktivasi akun.

4) Masuk lagi ke website Turkiye Burslari, lalu log-in.

5) Isi formulirnya

6) Isikan Essay yang sudah dibuat sebelumnya

7) Masukkan pilihan universitas dan jurusan yang dikehendaki, dengan ketentuan sbb: Jumlah maksimal pilihan untuk universitas yang terletak di 3 kota besar (Istanbul, Ankara, Izmir) adalah 6 dari total pilihan 12.
Bebas memilih universitas, baik Negeri maupun Swasta.

8) Upload semua dokumen yang diminta

9) Double-check informasi yang telah diberikan

10) Klik submit!

Silahkan menunggu 1-1,5 bulan dari tanggal penutupan pendaftaran. Siapa saja yang lolos tahap screening document akan mendapat email pemberitahuan untuk mengikuti seleksi terakhir yaitu: Tes Wawancara dan Verifikasi Dokumen di Kedutaan Turki. Tapi jangan khawatir, wawancaranya ngga susah kok. Pertanyaannya ngga akan jauh-jauh dari apa yang telah kamu tulis di formulir 

Setelah melewati tahap ini, kamu mungkin akan menunggu sekitar 1-1,5 bulan dari tanggal wawancara untuk mengetahui hasilnya, apakah aplikasimu diterima atau ditolak. Pihak YTB pusat akan mengirimkan e-mail penempatan jurusan dan universitas kepada seluruh pendaftar yang lolos. Dan bersiaplah untuk memulai perjalanan di tempat yang baru! 

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (F.A.Q)

1. Q: Kapan pendaftarannya?

A: YTB setiap tahun biasanya buka sekitar bulan maret-juni

2. Q: Apakah beasiswa ini bersifat mengikat?

A: Tidak. Namun mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya, diharapkan untuk kembali ke negaranya masing-masing.

3. Q: Apakah ada syarat IPK yang harus dipenuhi selama kuliah?

A: Ya. Di setiap akhir tahun ajaran, IPK harus mencapai sekurang-kurangnya 60%. Jika mendapat nilai dibawah itu, akan ada sanksi sesuai dengan kontrak beasiswa yang telah ditanda tangani.

4. Q: Nanti disana tinggal dimana?

A: Disediakan asrama milik pemerintah yang bisa ditinggali secara gratis oleh para penerima beasiswa. Namun, penerima beasiswa bisa juga memilih untuk tinggal di Apartemen atau Rumah Sewa dengan biaya sendiri.

5. Q: Kira-kira uang sakunya cukup ngga untuk hidup sebulan?

A: Uang saku yang diberikan tentunya sudah diperhitungkan oleh pihak YTB sebagai pemberi beasiswa, berdasarkan gaya hidup standar. Berdasarkan pengalaman, saya masih bisa menabung dari uang saku yang saya terima.

6. Q: Saya tidak bisa bahasa Turki sama sekali. Lalu bagaimana jika saya ingin mengikuti perkuliahan dalam bahasa Turki? Apakah itu akan mempengaruhi proses seleksi beasiswa?

A: Disediakan kelas persiapan bahasa Turki bagi para penerima beasiswa yang akan mengikuti perkuliahan dalam bahasa Turki. Bagi yang sudah mahir bahasa Turki dan sudah mengantongi sertifikat C-1 (Upper Level) bisa menyerahkan copy sertifikatnya saat pendaftaran, dan bisa skip kelas persiapan bahasa ini kelak ketika sudah tiba di Turki.

7. Q: Saya sekarang belum memiliki sertifikat iBT TOEFL/ IELTS namun saya ingin mengikuti perkuliahan dalam bahasa Inggris. Apa yang harus saya lakukan?

A: Memiliki salah satu sertifikat kemampuan bahasa Inggris bukanlah merupakan suatu keharusan saat mendaftar. Tapi alangkah lebih baik jika sudah memiliki, karena sertifikat ini juga bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa yang lainnya. Selain itu, menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang telah memenuhi persyaratan kampus tujuanmu bisa memperkuat posisimu dihadapan tim penyeleksi beasiswa, juga mempermudahmu ketika nanti mengurus proses daftar ulang ke universitas. Karena jika tidak memiliki sertifikat IELTS/ iBT TOEFL, maka harus mengikuti English Placement Test yang jadwalnya mungkin saja sudah lewat ketika kamu tiba disana. Atau, kamu bisa memilih untuk mengikuti kelas persiapan bahasa Inggris selama setahun.

8. Q: Berapa orang biasanya yang diterima?

A: Total penerima beasiswa S1+S3+S3 tahun 2014 dari Indonesia sekitar 59 orang, 35 diantaranya adalah S1.

9. Q: Saya akan mengikuti UN tahun ini. Ijazah dan SKHUN saya kemungkinan besar belum jadi saat pendaftaran beasiswa ini berakhir. Bagaimana solusinya?

A: Jangan khawatir, kamu tetap bisa mendaftar. Tetap persiapkan segala berkas yang diperlukan namun mendaftarlah disaat pengumuman kelulusan sudah ada. Khusus untuk SKHUN dan Ijazah yang belum jadi, bisa digantikan dengan Surat Keterangan Lulus dan Daftar Nilai hasil Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.

10.Q: Dimana saya bisa melihat daftar universitas dan jurusan yg di cover oleh beasiswa ?

A: Teman-teman bisa membuka website resmi Turkiye Burslari, karena di sana sudah lengkap semua informasinya, untuk daftar universitas teman2 bisa merujuk ke link berikut http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/turkiye-burslari/universiteler

untuk jurusan yg ada teman2 bisa memuka link web univ yg ada di daftar tersebut🙂

11. Q: Minta tips dong biar keterima beasiswa ini!

A: Buat seleksi dokumen banyak-banyak berdoa aja biar keterima, trus kalau lulus sampai ke tahap wawancara perlancar Bahasa Inggris Anda baik speaking (berbicara) , jaga kesehatan Anda dengan baik.

12. Q: Kalau kuliah di turki bahasa pengantarnya apa ya ???

A: tergantung univeristas dan jurusan masing2, ada universitas yg 100 % english, ada yg 70 % turkish 30 % english, ada yg 100 % turkish

LINK TERKAIT :

http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/turkiye-burslari/egitim-icin-turkiye

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=E-3Zb31MP08

https://basvuru.turkiyeburslari.gov.tr/en

http://caughtinauranium238fission.blogspot.com.tr

http://anaululiyatul.wordpress.com/2013/01/30/journeyinturkey-beasiswa-s1-turkiye-burslari/

http://edymiranto.com/2013/11/03/apa-itu-turkiye-burslari-turkey-scholarships/

LINK DOWNLOAD :

(Turkey scholarships application guide 2014)

https://www.facebook.com/groups/239159152950465/295597647306615/

(Daftar Jurusan YTB)

http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fturkiyeburslari.gov.tr%2F2014_Katalog%2F2014_Katalog%2F&h=pAQGBoypE

(Format Dokumen2 Apply Beasiswa Luar Negeri)

https://www.facebook.com/groups/239159152950465/279922515540795/

(YTBfile)

https://www.facebook.com/groups/239159152950465/291791951020518/

(Booklet PPI Izmir_Study_In_Izmir_4)

https://www.facebook.com/groups/239159152950465/288334621366251/

(booklet-2014-rev.-final)

https://www.facebook.com/groups/239159152950465/288331784699868/

—————————————

18 thoughts on “Panduan Beasiswa Turki (jilid 2)

  1. Assalamu’alaikum,
    Saya mau tanya mba’. Dalam pengisisan online city of birth saya tidak ada di list, yaitu Gresik. Bagaimana cara pengisiannya y mba’?
    Thank you.

    Like

  2. Ada lagi mba’. Apakah dokument seperti ijazah, transkrip yg di upload harus diterjemah ke B. Inggris. Thank you.

    Like

  3. Halo teh, saya dpt info ttg teteh dr teman saya namanya Harits Biladi. Dan katanya rmh teteh satu komplek dg saya. Jika berkenan saya ingin bertemu dgn teteh pengen nanya ttg turki gitu teh. Hubungi sy ke email jika bisa. Terima kasih teh

    Like

  4. Nilai UN sya seperti ini,matematika 82,b.ind 85,teori kejuruan 94,sdngkn b.ing 60,ap sya bisa ikt beasiswa turki sdangkn nilai b.ing sy 60?

    Like

  5. Hai kak, makasih infonya. Btw, saya dari d3 dan satu tahun lagi lulus. Kira2 bisa daftar atau tidak? Dan berapa tahun kuliahnya biasanya? Thanks:)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s